Kereta api kini menjadi salah satu pilihan transportasi yang populer di kalangan masyarakat untuk melakukan perjalanan. Keunggulan Kereta Api terletak pada ekonomis dan efisiennya, sehingga dapat menghemat waktu perjalanan. Kelebihan lainnya adalah Ketidakberaturan lalu lintas tidak menjadi masalah, karena Kereta Api memiliki jalur khusus. Berkembangnya penggunaan aplikasi mobile juga turut memberikan kontribusi dalam popularitas Kereta Api, terutama dengan kemudahan pemesanan tiket secara online.
Access by KAI adalah aplikasi resmi dari PT Kereta Api Indonesia (Persero) yang menyediakan berbagai layanan terkait perjalanan kereta api di Indonesia. Aplikasi ini telah dirilis sejak 10 Agustus 2023 dan mampu memenuhi kebutuhan penumpang untuk berbagai jenis kereta seperti antarkota, lokal, LRT, Commuter Line, bandara, dan kereta cepat.
Pembatalan atau penundaan perjalanan dapat dilakukan secara online melalui aplikasi Access by KAI, sehingga calon penumpang tidak perlu datang langsung ke stasiun untuk membatalkan tiket. Proses pembatalan tiket dapat dijelaskan sebagai berikut berdasarkan informasi dari akun Instagram resmi KAI pada Minggu (14/1/2024):
Cara Pembatalan Tiket Kereta via Access by KAI:
- Buka aplikasi Access by KAI.
- Pilih menu "Tiket Saya" pada halaman utama.
- Pilih tiket/kode booking yang akan dibatalkan.
- Pilih menu "Kelola Pesanan Anda".
- Pilih menu "Pembatalan".
- Pilih daftar penumpang yang ingin dibatalkan (semua/sebagian penumpang).
- Klik "Batalkan Perjalanan".
- Informasi terkait bea pembatalan dan dana yang di-refund akan ditampilkan.
- Klik "Batalkan Perjalanan".
- Pada halaman pengembalian dana, pilih Rekening Bank atau E-Wallet.
- Melalui rekening bank: pilih nama bank, masukkan nomor rekening bank, klik verifikasi.
- Melalui e-wallet: pilih e-wallet yang tersedia, masukkan nomor ponsel yang terdaftar di e-wallet, klik verifikasi.
- Pastikan data pengembalian lewat rekening bank atau e-wallet sudah sesuai, lalu klik "NEXT".
- Jika sudah sesuai dan yakin akan pembatalan, klik "YA, LANJUTKAN".
- Tiket kereta berhasil dibatalkan.
Sebelum melakukan pembatalan, pastikan tiket Anda memenuhi ketentuan yang berlaku, seperti nomor identitas yang sesuai, pembatalan dilakukan maksimal 2 jam sebelum keberangkatan, status tiket lunas, dan jenis tiket yang dapat dibatalkan melalui aplikasi Access by KAI adalah tiket KA antarkota atau jarak jauh. Pembatalan tiket KA lokal hanya dapat dilakukan di stasiun.
Komentar
Posting Komentar