Langsung ke konten utama

UMBY dan SMAN 1 Minggir Gelar Workshop Pembelajaran Interaktif untuk Tingkatkan Kompetensi Guru



Minggir, Sleman – Pada Kamis, 28 November 2024, SMA Negeri 1 Minggir bekerja sama dengan Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) mengadakan Workshop Pelatihan Pembelajaran Interaktif. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi 21 guru dalam memanfaatkan teknologi di ruang kelas. Workshop berlangsung di Laboratorium Komputer SMA Negeri 1 Minggir, yang berlokasi di Jl. Pakeran, Sembuhan Lor, Sendangmulyo, Minggir, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Acara ini merupakan bagian dari program pengabdian masyarakat yang digagas UMBY bersama SMAN 1 Minggir.

Pelatihan Interaktif Dipandu Ahli Teknologi Pendidikan

Pelatihan ini dipandu oleh Imam Suharjo, S.T., M.Kom., seorang dosen Program Studi Informatika UMBY. Dalam pembukaan acara, Ibu Fadmiyati, S.Pd., M.Pd., selaku PJS Kepala SMA Negeri 1 Minggir, menyampaikan apresiasi terhadap pelaksanaan workshop ini. Ia berharap para guru dapat memanfaatkan teknologi seperti Slido untuk menciptakan pembelajaran yang lebih menarik, partisipatif, dan efektif.

Imam Suharjo menjelaskan pentingnya teknologi interaktif untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses belajar. Fitur-fitur Slido seperti kuis, polling, dan sesi tanya jawab diperkenalkan kepada para peserta. Dalam praktiknya, para guru didampingi oleh dua mahasiswa Informatika UMBY, yakni Ibnu Rivansyah Subagyo dan Miftah Faozi, untuk mempelajari penggunaan aplikasi tersebut secara langsung.

Respon Positif dari Guru-Guru Peserta

Pelatihan ini mendapat tanggapan positif dari para peserta. Diyan Hastari, guru Bahasa Jawa, mengungkapkan harapannya bahwa teknologi interaktif dapat membuat pembelajaran lebih menyenangkan sekaligus membantu siswa memahami materi dengan lebih baik. Sementara itu, Dra. Susilaningsih, guru Bimbingan Konseling, menyoroti pentingnya memilih teknologi yang sesuai untuk mendukung peningkatan pemahaman siswa.

Evaluasi dan Tugas Lanjutan

Kegiatan diakhiri dengan evaluasi, diskusi, dan pemberian tugas kepada peserta. Para guru diminta untuk merancang dan mempraktikkan penggunaan teknologi dalam pembelajaran mereka. Dengan bekal ilmu yang diperoleh, mereka diharapkan mampu menciptakan suasana kelas yang lebih dinamis, inovatif, dan interaktif.

Workshop ini tidak hanya memberikan pengetahuan teknis tetapi juga menjadi langkah konkret dalam meningkatkan kualitas pendidikan di SMA Negeri 1 Minggir. Semoga kerja sama antara UMBY dan SMAN 1 Minggir dapat terus berlanjut dan memberikan manfaat lebih luas bagi dunia pendidikan.

Sumber:


Info via : https://sedayu.net/2024/12/04/umby-selenggarakan-workshop-pelatihan-pembelajaran-interaktif-untuk-guru-sma-negeri-1-minggir/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Chatbot: The Revolution in Human-Computer Interaction

In recent years, there has been a significant revolution in the way humans interact with computers and technology. One of the most exciting developments in this field is the emergence of chatbots. A chatbot is a computer program designed to simulate human conversation through natural language processing (NLP) and artificial intelligence (AI) algorithms. This technology has been making waves across various industries, transforming the way businesses and individuals interact with information and services.

Tentang Alamat Blog dan Contohnya

December 31, 2022, Alamat blog adalah sebuah tautan unik yang mengarah ke halaman utama sebuah blog. Alamat blog biasanya terdiri dari nama domain yang merupakan bagian dari alamat website, diikuti dengan tautan yang mengarah ke halaman utama blog tersebut. Contohnya, jika Anda memiliki sebuah blog dengan nama “Kuliner Malang”, maka alamat blog Anda akan terlihat seperti ini: https://www.kulinermalang.com

DPNA (Daftar Peserta dan Nilai Akhir): Pilar Evaluasi Prestasi Akademik Mahasiswa

Jogja  - Evaluasi prestasi akademik mahasiswa telah menjadi salah satu elemen krusial dalam dunia pendidikan tinggi, memastikan kualitas pembelajaran dan memberikan arahan bagi kemajuan belajar mahasiswa. Dalam konteks ini, DPNA (Daftar Peserta dan Nilai Akhir) muncul sebagai alat penting dalam melacak perjalanan akademik mahasiswa, merekam nilai akhir yang telah ditempuh, dan memberikan landasan bagi pengambilan keputusan dalam perkuliahan.