Mercu Info

Mercu Community Indonesia

Milad ke-14 FAI UMBY, Pentingnya Sinergi dan Kolaborasi antar Prodi

Dosen dan tenaga kependidikan dan perwakilan mahasiswa ketika pose bersama Rektor UMBY Dr. Agus Slamet, STP, MP

Fakultas Agroindustri Universitas Mercu Buana Yogyakarta atau FAI UMBY menyelenggarakan Dies Natalis ke-14. Kai ini, perayaannya digelar secara sederhana dengan Silaturahmi dan Buka Puasa dengan tema Meningkatkan sinergi dan kerjasama untuk maju bersama.

Dies Natalis dihadiri oleh Rektor UMBY, Dr Agus Slamet STP MP; Wakil Rektor Bidang Akademik, Ir Wafit Dinarto M.Si; Dekan Fakultas Agroindustri Dr. CH Lilis Suryani MP; dan seluruh dosen serta tenaga kependidikan dan perwakilan organisasi kemahasiswaan.

Acara Dies Natalis ke-14 dengan tema “Meningkatkan sinergi dan kerjasama untuk maju bersama” ini juga diisi dengan testimoni yang disampaikan oleh mantan Dekan FAI UMBY. Tujuannya untuk mengenang sejarah perkembangan Fakultas Agroindustri sejak Universitas Wangsa Manggala hingga berubah menjadi UMBY. Mantan Dekan FAI yang memberikan kesaksian adalah Drs Riyanto MSi, Dr Didiet Heru Swasono MP, Dr Wisnu Adi Yuliato MP, Ir Wafit Dinarto MSi, dan Dr Agus Slamet MP. Keberadaan Fakultas Agroindustri berdasarkan Surat Keputusan Rektor Universitas Mercu Buana Yogyakarta Nomor 06/SK/Rek/IV/2008 tanggal 5 April 2008.

Dalam sambutannya Lilis Suryani mengatakan, Fakultas Agroindustri UMBY merupakan gabungan dari dua fakultas. Yakni Fakultas Pertanian dengan dua program studi yaitu Program Studi Agroteknologi dan Program Studi Peternakan serta Fakultas Teknologi Pertanian dengan Program Studi Teknologi Hasil Pertanian.

“Keberadaan ketiga prodi ini menjadi ciri khas Fakultas Agroindustri karena dalam pembangunan pertanian lebih terintegrasi sebagai sistem agroindustri,” kata Lilis, Sabtu (9/4/2022).

Dosen dan Tendik Agro UMBY

Selain untuk memperingati hari berdirinya Fakultas Agroindustri, workshop ini juga bertujuan untuk meningkatkan hubungan yang serasi dan harmonis antar elemen civitas akademika di Fakultas Agroindustri.

Lebih lanjut Lilis menuturkan, ada tiga momen penting dalam memperingati Dies Natalis Fakultas Agroindustri UMBY. Pertama, keluarga besar Fakultas Agroindustri sangat berterima kasih karena semua Prodi telah terakreditasi. Tiga program studi terakreditasi A, yaitu Program Studi Agroteknologi, Program Studi Peternakan, dan Program Studi Teknologi Hasil Pertanian. Sedangkan salah satu program studi termuda yang terakreditasi baik yaitu Program Studi Magister Ilmu Pangan.

“Secara keseluruhan FAI telah meluluskan 7.751 alumni UMBY yang telah berkarya di seluruh nusantara untuk turut serta mewujudkan cita-cita Angudi Mulyaning Bangsa,” ujar Lilis.

Lilis menjelaskan, selama tiga tahun terakhir kinerja dosen dan mahasiswa sangat baik. Hal ini dibuktikan dengan perolehan 5 paten, 10 buku dengan ISBN, 20 hak cipta, dan 189 publikasi yang dikutip. Kemudian dana penelitian dan pengabdian dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mencapai lebih dari Rp. 1,5 Milyar serta Program Kreativitas Mahasiswa dan PHP2D dari mahasiswa.

Kedua adalah harapan. Dengan bertambahnya usia Fakultas Agroindustri diharapkan semakin kuat dalam bekerja terutama dalam mengemban visi dan misi serta tujuan Fakultas. Yakni, menghasilkan lulusan yang berkualitas dan berintegritas.

Ketiga, meningkatkan sinergi dan kolaborasi untuk maju bersama. Salah satu program strategis FAI adalah meningkatkan produktivitas dan daya saing. FAI memiliki SDM yang sangat memadai dengan 2 orang guru besar, lebih dari 50 persen dosen bergelar lektor kepala, 29 persen dosen, dan 45 persen dosen bergelar doktor.

Dengan sumber daya manusia yang handal, seluruh civitas akademika telah melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan baik, namun untuk menghadapi persaingan antar perguruan tinggi yang semakin ketat diperlukan sinergi dan kerjasama antar program studi, baik antara dosen maupun mahasiswa.

Juga sinergi dan kerjasama dengan pemangku kepentingan eksternal dan mitra lain di luar Fakultas Agroindustri. Dengan sinergi dan kolaborasi ini, kita dapat bergerak maju bersama dengan lebih cepat, lebih efektif, dan lebih efisien.

Ditambahkannya, di tengah persaingan yang semakin ketat antar perguruan tinggi baik negeri maupun swasta, Fakultas Agroindustri harus berbenah. Antara lain dengan mengembangkan Agro Industrial Park yang merupakan unit Teaching Farm, UPT Kebun, dan Teaching Factory untuk mendukung penelitian dan pembelajaran mahasiswa yang lebih kontekstual.

Leave a Reply

Your email address will not be published.